Ini Dia 5 Peranan Penting Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial


Ini Dia 5 Peranan Penting Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial


Dokter spesialis bedah mulut danmaksilofasial adalah profesi khusus yang memiliki wewenang dan tanggung jawab penuh dalam menangani semua tehnik bedah pada area mulut ( oral ) dan area maksilofasial atau lebih tepatnya pada bagian wajah, rahang dan leher, baik karena jenis penyakit tertentu maupun bertujuan untuk estetika. Umumnya pelatihan yang diperlukan agar dapat menjadi dokter spesialis ahli bedah bidang ini adalah selama empat tahun di tambah empat tahun berikutnya untuk memperdalam ilmu kedokteran gigi, dengan melewati berbagai praktik dan ujian sehingga sampai ditetapkan menjadi dokter spesialis ahli bedah mulut dan maksilofasial.

Untuk menangani berbagi kondisi pasien, dokter spesialis yang satu ini juga sering melakukan kerjasama dengan dokter spesialis lain agar pengobatan yang dilakukan dapat memberikan hasil maksimal sesuai keinginan pasien. Umumnya jenis dokter yang paling sering berkolaborasi adalah seperti dokter ahli bedah plastik, dokter spesialis onkologi dan dokter bedah tht.

Penting Anda ketahui, bahwa ada berbagai kondisi khusus yang membuat Anda akan bertemu dan menjalani pengobatan langsung dengan dokter spesialis yang satu ini, antara lain:

  1. Terdapat cacat di area mulut.
Meskipun tidak semua jenis cacat berbahaya untuk tubuh, namun pada kondisi tertentu seperti cacar pada area mulut yang berakibat penderita tidak dapat mengunyah dengan baik, maka akan memberikan efek samping negatif pada organ pencernaan, sehingga Anda harus melakukan tindakan bedah mulut.

  1. Rujukan dari dokter umum.
Pasien yang mengalami cacat pada bagian wajah karena kecelakaan atau kondisi medis tertentu biasanya akan diberikan rujukan oleh dokter umum untuk melakukan pengobatan sampai tuntas ke dokter spesialis tersebut.

  1. Para penderita kanker leher dan kepala.
Baik jenis kanker ganas maupun jinak yang terdapat pada kepala atau leher harus segera diangkat karena dapat menyebabkan berbagai kondisi fatal pada penderitanya. Biasanya dokter spesialis ini akan melakukan tindakan untuk memotong tumor tersebut agar sembuh total dan tidak kambuh lagi.

  1. Kondisi sakit.
Salah satu jenis penyakit yang harus langsung di bawa ke dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial adalah terjadinya permasalahan sendi temporomandibular, yang memiliki efek nyeri dan menular ke bagian tubuh lain seperti bahu. Jika tidak segera ditangani, kondisi tersebut juga dapat mengenai bagian telinga yang dapat menimbulkan kondisi berbahaya.

  1. Kebutuhan penopang yang baik.
Mulut harus memiliki penopang yang baik agar dapat mengunyah dengan sempurna. Jika salah penopang akan berakibat buruk pada organ pencernaan sehingga untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis yang satu ini.

Dokter spesialis bedah bidang ini telah memiliki pengetahuan mendalam secara detail mengenai berbagai upaya pencegahan penyakit yang dapat dilakukan, diagnosis kondisi pasien, serta berbagai gangguan yang mungkin terjadi dan cara penanganan yang paling tepat. Umumnya sebelum melakukan penanganan, Anda akan diminta menjalani berbagai tes pemeriksaan dan menjelaskan riwayat kesehatan sekaligus menyampaikan berbagai gejala yang dialami.

Setelah tahap diagnosis dilakukan, tahap selanjutnya dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial akan menentukan langkah penanganan terbaik yang dapat ditempuh. Cara pengobatan tersebut juga dapat dilakukan hanya menggunakan media obat saja atau menjalankan berbagai prosedur medis untuk melakukan tindakan pembedahan. Tujuan utama dari setiap langkah penanganan tersebut adalah untuk mengembalikan fungsi utama gigi dan mulut agar dapat digunakan dengan normal sehingga semua organ tubuh dapat bekerja dan berfungsi secara maksimal.