Tips Bulking Supaya Mempercepat Massa Otot


Dalam dunia fitnes bulking adalah program untuk menaikkan massa otot. Tujuan utama bulking yaitu bukan hanya menambah berat badan, akan tetapi juga menambah massa pada otot.  Anda akan dinyatakan sukses apabila berat badan Anda naik dan yang paling banyak naik adalah bagian otot dan bukan lemak.

Melakukan program bulking menjadi salah satu cara yang paling tepat untuk Anda lakukan.  Selain dengan mengikuti program fitness yang tepat, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk bulking dengan baik dan benar. Hal ini memiliki tujuan supaya berat badan Anda cepat naik.  Anda tidak dianjurkan untuk sembarang memilih makanan dan rutin melakukan pelatihan untuk meningkatkan massa otot.

Tips Menjalankan Program Bulking  untuk Hasil yang Memuaskan


Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mensukseskan program bulking Anda. Untuk memudahkan mencari makanan yang tepat untuk program bulking Anda, silakan simak pada ulasan yang ada di bawah berikut ini:

1. Pilih makanan yang tepat
Makanan yang tepat untuk Anda konsumsi ketika menjalankan program yaitu menambah jumlah nutrisi yang seimbang untuk tubuh misalnya seperti karbohidrat lemak dan protein.  Protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otot, karena salah satu sumber kekuatan otot atau massa otot terletak pada makanan yang mengandung banyak protein.

Makanan yang mengandung protein seperti, keju tempe, susu, ikan salmon, telur, ikan tuna, daging sapi tanpa lemak, dan dada ayam.  Sedangkan untuk makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti gandum, nasi merah, kentang, buah-buahan, dan oats.  Makanan yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan,minyak kelapa. minyak rami. dan alpukat.

2. Hitung jumlah kalori yang masuk
Jika Anda ingin program bulking Anda berjalan sukses dalam jangka waktu yang telah Anda tentukan, Anda harus memperhatikan jumlah kalori yang Anda makan.  Untuk jumlah kalori yang harus anda konsumsi setiap harinya tergantung pada jumlah berat badan yang ingin Anda naikkan.

Anda dianjurkan untuk menaikkan kebutuhan konsumsi kalori dari kebutuhan normal. Tujuannya supaya Anda bisa mendapatkan tambahan masa otot dan sedikit lemak. Dengan memantau  asupan makanan yang Anda konsumsi, maka akan memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi dari kekurangan apa saja yang ada dalam program bulking Anda.

3. Konsumsi suplementasi
Suplemen digunakan untuk melengkapi pola makan atau diet Anda. Namun bukan dijadikan sebagai pengganti makanan. Anda akan menjumpai banyak suplemen fitnes yang berada di pasaran. Anda harus memastikan bahwa suplemen yang Anda konsumsi sesuai kebutuhan. Anda bisa minta rekomendasi dari teman yang pernah menjalankan program bulking.

4. Teruslah berlatih
Anda bisa mempersiapkan menu sarapan pagi simple. Selain itu, Anda juga harus terus berlatih untuk menambah massa otot Anda. Tanpa pelatihan yang rutin, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dalam waktu yang cepat. Semakin rutin Anda melakukan workout dan menjaga pola makan, maka akan semakin cepat pula hasil yang akan Anda dapatkan.jadi kuncinya adalah dengan konsisten melakukan program fitness.

Memiliki tubuh yang berotot memang dambaan bagi sebagian pria. Namun sayangnya untuk membentuk massa otot pada tubuh tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh cara yang jitu agar program bulking untuk membesarkan badan bisa terlaksana. Beberapa caranya adalah dengan memperhatikan pola makanan untuk bulking, memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, dan melakukan latihan secara rutin dan konsisten.