8 Desain Kolam Renang Minimalis untuk Lahan Mungilmu



Berenang merupakan olahraga kesukaan banyak orang. Meski kini banyak jenis olahraga baru yang bermunculan, olahraga renang tetap memiliki banyak peminat.

Selain menyehatkan tubuh, berenang juga memiliki segudang manfaat lain seperti meninggikan badan, melatih otot tubuh, mengecilkan perut, dan lain sebagainya.

Mereka yang hobi berenang biasanya menyaluran hobi tersebut dengan pergi ke kolam renang umum. Namun, berenang di kolam renang umum tak bisa seleluasa saat kita berenang di kolam renang pribadi.

Membuat kolam renang pribadi di rumah tentu menjadi alternatif yang paling tepat. Tapi bagaimana jika lahan atau halaman rumah tak memadai dan sangat terbatas?

Nah, jangan biarkan keterbatasan lahan ini mengurungkan niatmu untuk membangun kolam renang modern dan trendy.

Kamu tak perlu khawatir karena di era modern seperti sekarang ini, halaman sempit nan imut pun bisa dijadikan kolam renang minimalis untuk menyalurkan hobi renangmu atau hanya sekedar untuk bersantai ria memanjakan tubuh.

Berikut 8 desain kolam renang minimalis yang bisa jadi pilihan untuk mempercantik si lahan mungil.

1.    Rectangular Pool

Seperti namanyarectangular pool merupakan kolam renang yang berbentuk persegi panjang. Kolam renang ini cocok sekali dibangun untuk kamu yang ingin kolam renang simpel dan tak mengeluarkan biaya yang banyak.

Pembangunan rectangular pool tak memerlukan pemakaian banyak material dan lahan yang luas, dengan lahan seadanya saja kamu dapat membangun kolam renang ini di halaman rumahmu.
Kolam renang berbentuk persegi panjang ini sangat cocok untuk kamu yang hobi berenang karena bentuknya yang memanjang.

2.    Circular Pool

Circular Pool atau yang biasa disebut kolam renang berbentuk bulat ini sangat suitable sekali bagi kalian yang membangun kolam renang hanya untuk sekedar bersantai mengingat ruang geraknya yang terbatas karena ia dibangun di lahan yang mungil.

Tetapi tenang saja, ada kelebihan yang bisa didapatkan dari kolam renang tersebut yakni biaya yang dikeluarkan untuk membangun kolam ini akan lebih sedikit dibandingkan pembangunan kolam renang yang biasanya.

Bentuknya yang bulat dan simpel juga menjadi salah satu alasan mengapa kolam ini tidak membutuhkan biaya besar dalam pembuatannya.

3.    Lap Pool

Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah lap pool. Lap pool merupakan kolam renang yang dibangun dengan bentuk memanjang seperti rectangular pool. Bedanya ialah kolam renang ini memiliki lebar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rectangular pool.

Umumnya, lap pool dibangun untuk mereka yang memiliki masalah kesehatan dan untuk mereka yang melakukan fitness. Tetapi itu tidak menutup kesempatan bagi kamu untuk membangun kolam renang jenis ini.

Bentuknya yang panjang dan menyempit akan sangat cocok untuk kalian yang mempunyai hobi berenang agar latihan renang menjadi lebih intensif.

4.    Indoor Pool

Indoor pool atau yang lebih sering dikenal dengan kolam renang dalam ruangan merupakan pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang mempunyai lahan luar sempit dan ruangan rumah yang cukup luas.

Kolam renang ini juga paling cocok untuk kamu yang anti matahari saat ingin menghabiskan waktu dengan berelaksasi karena posisinya yang berada di dalam ruangan.

Untuk desainnya sendiri kamu bisa menyesuikan dengan ruangan yang ada. Bentuk bulat atau persegi panjang bisa menjadi pilihan yang bagus.

5.    Above-Ground Pool

Jika biasanya tukang harus menggali tanah dahulu untuk membuat kolam renangmu, maka untuk membangun kolam renang yang satu ini tak perlu repot-repot memanggil tukang untuk menggalinya mengingatkolam renang Above-ground poolmemang di desain untuk muncul keatas tanah.

Ini bisa diilustrasikan seperti aquarium raksasa yang diletakkan diatas tanah. Ukuran serta bentuk kolam bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia. Kamu bisa memilih bentuk persegi panjang, lonjong, bulat dan yang lainnya sesuai dengan keadaan lahan yang ada.

Kelebihan lainnya dari kolam ini adalah jika suatu saat tiba-tiba kamu pindah rumah, kamu tak perlu repot-repot membuat kolam renang yang baru karena above-ground pool bersifat portable yang artinya ia bisa dipindahkan kemana pun sesuai dengan keinginanmu.

6.    Free Form

Berbeda dengan kolam-kolam sebelumnya, kolam renang free form merupakan kolam renang yang tidak memiliki bentuk tetap. Kamu bisa membuat segala jenis kolam renang yang kamu mau karena free form menekankan kepada bebasnya bentuk kolam yang dibangun.

Tentu saja ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki lahan mungil karena bentuk dapat disesuaikan dengan halaman yang tersedia. Kamu bisa membuat bentuk setengah lingkaran, huruf b, huruf d, huruf r dan huruf-huruf lainnya selagi memiliki lahan untuk membangunnya.

7.    Spool

Spool atau singkatan dari spa dan pool adalah kolam renang yang menyediakan tempat untuk bersantai atau melakukan spa.

Ini sangat suitable sekali bagi kamu yang membangun kolam renang untuk keperluan memanjakan diri, berelaksasi, atau melepas lelah setelah beraktivitas seharian.

Bentuk serta desain kolam renang di lahan sempit ini bisa disesuaikan dengan selera dan lahan yang tersedia di rumahmu ya gengs!

8.    Garden-side Pool
Sesuai dengan namanya, garden-side pool merupakan kolam renang yang dibangun dengan taman disekelilingnya. Ini bertujuan untuk membuat kolam lebih terlihat asri dan menyatu dengan alam sekitar.

Desain garden-side pool bisa disesuaikan dengan lahan serta kebutuhanmu. Jika kamu ingin kolam renang yang hanya digunakan untuk bersantai atau relaksasi maka bentuk lingkaran atau setengah lingkaran sangat cocok untukmu. Tetapi jika kamu ingin menyalurkan hobi berenang, maka bentuk persegi panjang akan sangat pas.


Itulah beberapa desain kolam renang yang bisa kamu bangun dilahan yang sempit. Selamat memilih ya gengs!