Ingin Jadi Pengusaha Perempuan Berdaya? Simak 5 Tips Kadin


Sebagai promotor yang mendukung terciptanya pemerataan kesempatan berusaha seluas-luasnya di Indonesia, Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) mendukung kewirausahaan perempuan. Terlebih, hingga saat ini baru terdapat sekitar 23.8% bisnis di Indonesia yang dimiliki oleh perempuan. Meskipun menghadapi berbagai kendala, perempuan berpotensi maju.
Di lingkup global, jumlah pengusaha perempuan bertumbuh sebesar 13% setiap tahunnya. Kadin Indonesia percaya bahwa akan muncul lebih banyak bisnis-bisnis berskala kecil dan menengah yang dilahirkan oleh perempuan Indonesia. Jika kamu bercita-cita untuk menjadi pengusaha perempuan yang berdaya, simak 5 tips praktis berikut.

1. Kenali Potensimu

Ketika kamu mengetahui kekuatanmu, maka kamu akan tahu bidang usaha yang cocok kamu geluti. Jika kamu memiliki keterampilan memasak, tidak ada salahnya menggeluti usaha kuliner. Jangan lupa untuk menambahkan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya, misalnya dengan mengangkat makanan bercita rasa tradisional.
Jika kamu masih belum tahu bidang apa yang paling cocok untukmu, tidak ada salahnya terus berlatih mengenali diri. Bagaimana kamu ingin membuat wajah dunia menjadi lebih baik? Apa yang bisa kamu lakukan untuk memberikan dampak positif di lingkunganmu?

2. Manfaatkan Teknologi Informasi dan Platform Digital

Kewirausahaan masa kini dimudahkan dengan hadirnya teknologi informasi yang canggih. Terlebih ditunjang berbagai platform yang menjadi kanal untuk mempromosikan usaha, berkomunikasi dengan konsumen, hingga memperluas jejaring. Menjadi pengusaha perempuan, kamu harus berani membuka diri baik secara luring (offline) maupun daring (online).
Buatlah akun sosial media untuk usahamu, mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Jadilah pencerita untuk usaha yang kamu miliki dengan mengaktifkan website ataupun blog pribadi. Pastikan usahamu dikenal baik, mudah dijangkau, serta adaptif dengan berbagai perkembangan.

3. Tingkatkan Ilmu dan Kapasitasmu

Inovasi lahir dari proses pembelajaran berkelanjutan, pikiran yang terbuka, dan mampu membaca kebutuhan masyarakat. Jika kamu ingin berdaya kamu harus terus menambah ilmu, salah satunya dengan rajin membaca terkait pengembangan bisnis. Deretan pemilik usaha paling sukses di dunia membaca setidaknya 60 buku setiap tahunnya.
Jika kamu bukan tipe pembelajar melalui aktivitas baca, kamu bisa meningkatkan kapasitasmu dengan mendengarkan audiobook, siaran podcast, dan mengikuti kursus daring masif terbuka. Kadin adalah salah satu yang ikut bergiat dengan model pembelajaran daring melalui website dan telah mengundang berbagai narasumber seperti Sri Mulyani hingga Jusuf Kalla.

4. Lakukan Kolaborasi

Berbagai lompatan mampu terwujud karena kolaborasi yang apik. Dengan berbagai daya dukung yang kamu miliki, hasilkan karya bersama pemilik usaha lainnya. Salah satu fungsi kadin sendiri yaitu memastikan terjalinnya sinergi antar sektor usaha.
Untuk itu, temukan jejaring positifmu yang menawarkan berbagai peluang kolaborasi. Salah satunya yaitu dengan menjadi mitra e-commerce yang memiliki perhatian pada pengembangan kewirausahaan perempuan. Dengan kolaborasi, bisa saja kamu memperoleh kesempatan emas untuk terus berinovasi dalam usahamu.

5. Miliki Fleksibilitas Emosi

Untuk menjadi pengusaha perempuan yang berdaya, wajib memiliki fleksibilitas emosi. Salah satu yang utama adalah resiliensi, yaitu kemampuan untuk tetap tenang dan positif ketika menghadapi berbagai tantangan. Ini merupakan soft-skill yang akan sangat membantu ketika kamu menemui kegagalan, penolakan, ataupun ataupun respon negatif dari sekitar.
Supaya usaha berkembang, kamu juga perlu memiliki keyakinan dengan kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, kemampuan ini juga membuatmu fokus dan bertumbuh dalam menapaki satu persatu tangga kewirausahaan.
Nah, itu dia 5 tips yang bisa membantumu menjadi pengusaha perempuan berdaya di Indonesia. Sebagai organisasi yang menjunjung tinggi inklusivitas dan kesetaraan, Kadin sangat mendukung perempuan-perempuan seperti kamu berani mengambil langkah maju. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi dan inspirasi untukmu ya.