Olahraga Ini Aman untuk Penderita Skoliosis


Selain melakukan perawatan di klinik perawatan skoliosis Indonesia, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi lengkungan pada tulang belakang akibat skoliosis adalah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa rutin berolahraga dapat membantu mengurangi lengkungan yang terjadi pada tubuh. Tentu saja, akan sangat membantu jika Anda tetap menjaga posisi tubuh dengan baik, entah itu ketika berdiri maupun duduk. 

Berikut merupakan daftar olahraga yang aman dilakukan oleh penderita skoliosis untuk membantu mengurangi lengkungan yang terjadi pada tulang belakang.

1. Side Plank

Mengutip laman SehatQ, side plank merupakan salah satu olahraga yang aman ditekuni oleh penderita skoliosis. Side plank sendiri termasuk ke dalam pose yoga yang dilakukan dengan cara membaringkan tubuh miring ke salah satu posisi tubuh dengan posisi kaki lurus ke depan dan badan atas bertumpu pada siku atau lengan bagian bawah. Selanjutnya, pinggul di angkat sejajar dengan bahu. 

Menurut penelitian, melakukan pose side plank dengan durasi sekitar 90 detik selama tiga kali dalam seminggu dengan kurun waktu satu bulan bisa membantu mengurangi lengkungan pada tulang belakang tubuh. Hal ini karena side plank dapat membantu memperkuat otot-otot di bagian sisi cembung tulang belakang sehingga mengurangi derajat kelengkungannya.

2. Tree Pose (Vrksasana)

Selain side plank, penderita skoliosis juga bisa melakukan olahraga Tree Pose atau Vrksasana. Melakukan olahraga ini bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, melatih keseimbangan, sekaligus menguatkan otot-otot tubuh. Bagaimana caranya?

  • Berdirilah dengan badan bertumpu pada kaki bagian kiri.
  • Kemudian, angkat kaki sebelah kanan, tekuk lutut, dan tempelkan telapak kaki kanan ke paha bagian kiri. 
  • Selanjutnya, katupkan kedua telapak tangan tepat di depan bagian dada dan angkat perlahan ke atas.
  • Lakukan gerakan ini sampai beberapa kali dan ulangi gerakan di sisi tubuh satunya. 

3. Cat Pose (Marjaryasana)

Tidak hanya itu saja, Anda bisa pula menekuni olahraga Cat Pose atau Marjaryasana. Pose ini sangat bermanfaat untuk meregangkan dan melenturkan otot-otot pada tubuh serta tendon (yang berfungsi menempelkan otot ke tulang). Lantas, bagaimanakah melakukannya?

  • Ambil matras, di atas matras bertumpulah pada kedua lutut dan tangan. Dengan posisi tangan sejajar dengan bahu dan lutut dan pinggul membentu sudut 90 derajat.
  • Setelah itu, kencangkan otot perut sembari menarik napas, angkat kepala, dan lengkungkan punggung ke arah bawah. 
  • Kemudian, hembuskan napas turunkan kepala dan lengkungkan punggung ke bagian atas. Lakukan cara ini berulang kali.

4. Child’s Pose (Balasana)

Terakhir, Child’s Pose atau disebut pula dengan Balasana. Pose ini membantu relaksasi dan peregangan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Duduk bersimpuh di atas sebuah matras. 
  • Selanjutkan, bungkukkan tubuh sampai dada dan perut menyentuh bagian lutut. 
  • Setelah itu, rentangkan kedua tangan sejauh mungkin ke depan atau sampai tulang belakang terasa meregang.
  • Kemudian, lemaskan tubuh dan pertahankan posisi ini selama beberapa menit. 

Demikian beberapa olahraga yang sangat aman dilakukan oleh penderita skoliosis. Yuk, coba di rumah!