Kembali WFH, Bersihkan Mobil agar Tetap Mengilat dengan 5 Cara Berikut!

 


Kebijakan Pemberlakuan Penetapan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung sampai 2 Agustus 2021 di Jawa dan Bali membuat kegiatan perkantoran kembali dilakukan dari rumah (WFH). Anda yang selama ini memakai mobil dari promo Pajero terbaru buat beraktivitas pun harus rela membiarkannya terparkir di garasi untuk sementara waktu.


Meski begitu, mobil tetap perlu mendapatkan perawatan memadai. Tidak hanya pada mesinnya saja, tetapi juga pada body mobil agar permukaannya  tidak terlihat kusam, Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan!


  • Gunakan sampo khusus

Beberapa orang masih menggunakan sampo serbaguna untuk mencuci mobil. Selama membuat permukaan kendaraan bersih, mereka tak akan mempermasalahkannya. Namun kebiasaan tersebut yang justru membuat cat mobil mengusam hingga mudah tergores. Untuk itu, Anda sebaiknya memakai sampo khusus cuci mobil dengan tingkat keasaman (pH) rendah. Produk tersebut bisa didapatkan di bengkel atau toko otomotif.


  • Usap permukaan mobil dari atas ke bawah

Pernah cek bagaimana Anda mengusap permukaan mobil? Gerakan mencuci mobil sekilas tak memberikan perbedaan, tetapi tunggu hasilnya dalam jangka waktu lama. Pasalnya kalau tak dilakukan dengan benar, cat mobil bakal lebih kotor atau kusam. Mulai terapkan gerakan yang tepat dengan mengusap permukaan mobil dari atas ke bawah. Hindari gerakan bolak-balik karena akan membuat kotoran kembali ke bodi mobil.


  • Hindari pencucian di bawah terik matahari

Anggapan mencuci mobil di bawah terik matahari bakal mempercepat proses pengeringan ternyata justru berpotensi merusak kualitas cat. Pasalnya air yang memercik ke permukaan mobil malah mengering dan menciptakan kotoran baru. Noda-noda dari bintik air tersebut kalau terus dibiarkan akan menjadi jamur. Jadi, ada baiknya Anda memilih tempat teduh untuk mencuci dan mengeringkannya menggunakan kain atau lap bersih.


  • Bilas mobil menggunakan air mengalir

Selain sampo dan tempat mencuci, cara membilas permukaan mobil yang sudah dibersihkan harus diperhatikan juga. Sejumlah pemilik kendaraan memilih mengguyur air dengan ember pada bagian yang dibersihkan dengan sampo. Cara ini justru akan membuat residu sampo dan kotoran menyebar lagi di permukaan mobil. Sebaiknya bilas dengan air mengalir memakai selang, lalu bersihkan sela-sela yang terjangkau memakai kain berbulu.


  • Tempatkan mobil di tempat teduh

Seperti yang disinggung, paparan langsung sinar matahari ke permukaan mobil bakal membuat cat mengusam atau bahkan retak dalam waktu cepat. Meski belum bisa dibawa ke kantor atau lokasi bisnis, mobil tetap harus ditempatkan di lokasi teduh seperti garasi. Kalau pun Anda harus memarkirkannya di jendela, sebaiknya pasang kanopi atau pelindung supaya sinar matahari bisa disaring sebelum menyentuh bodi kendaraan.


Demikian langkah-langkah menjaga permukaan bodi agar tak cepat mengusam selama PPKM berlangsung. Jangan lupa jaga kesehatan Anda di rumah supaya bisa beraktivitas dengan lancar sekaligus melindungi anggota keluarga.