3 Tips Tepat Memilih Perusahaan Penyedia Asuransi


Dikutip dari Big Alpha ID, saat ini sudah banyak masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan menjadikannya sebagai bagian dari pengeluaran per bulan. Memiliki asuransi sendiri sudah seperti merencanakan hidup agar dapat mengurangi segala bentuk kerugian yang bisa terjadi pada setiap insan kapan pun dan di mana pun itu. Jika Anda termasuk orang yang dimaksud di sini dan sedang mencari perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda menemukan artikel yang tepat. Yuk, simak tips tepat memilih lembaga atau organisasi penyedia asuransi berikut ini!


1. Perusahaan Sudah Secara Resmi Terdaftar di OJK

Untuk memilih perusahaan yang tepat, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek status izin resmi pendirian perusahaan tersebut. Carilah nama perusahaan ini dalam daftar lembaga penyedia asuransi resmi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK di situs resminya. 

Mengapa pengakuan dari OJK itu penting? Sebab, OJK merupakan sebuah institusi dari pemerintah yang tugasnya mengawasi berbagai industri yang berkaitan dengan penyediaan jasa dalam bidang keuangan. 

Dengan memilih perusahaan yang sudah mendapatkan izin beroperasi dari OJK, simpanan uang Anda di perusahaan tersebut pasti akan aman dan terjamin di mata hukum. Andaikan suatu saat terjadi masalah, pengaduan Anda dengan jalur hukum dapat diproses dengan benar.

2. Memastikan Pengalaman yang Dimiliki Perusahaan

Faktor selanjutnya adalah mengecek rekam jejak perusahaan. Rekam jejak yang dimaksud dapat berupa masalah apa saja yang sebelumnya pernah terjadi dengan perusahaan tersebut, atau kasus apa yang pernah terjadi sampai membuat perusahaan tersebut tidak dipercaya lagi. Apabila ada, penting untuk mencari tahu dengan detail bagaimana cara perusahaan tersebut untuk menyelesaikan masalah-masalah itu dan kembali memperoleh nama baiknya. Pun jika metodenya tidak berpihak pada nasabah atau konsumen, Anda sepatutnya beralih untuk memilih perusahaan lain saja.  

Bagaimana cara melihat rekam jejak yang dimiliki perusahaan? Anda bisa membaca redaksi suara pelanggan di portal-portal berita, ulasan konsumen atau nasabah di internet, ataupun interaksi antara perusahaan dan pelanggan di akun-akun sosial medianya.

3. Memiliki Jaringan yang Luas

Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan ketika mencari lembaga penyedia asuransi adalah melihat jaringan yang dimiliki perusahaan tersebut. Jaringan yang dimaksud di sini berupa koneksi atau mitra kerja sama yang pernah dan/atau sedang berhubungan dengan perusahaan tersebut, juga jumlah kantor cabang yang dimilikinya. Hal ini menjadi penting karena jaringan yang dimiliki perusahaan merupakan salah satu penentu kredibilitasnya. Semakin luas jaringan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, tentu semakin baik citranya di mata sesama perusahaan dan masyarakat.

Seperti dua poin sebelumnya, mencari tahu jaringan perusahaan penyedia asuransi juga bisa Anda lakukan dengan berselancar di internet. Langkah mudahnya, kunjungi situs resmi dana kun sosial media perusahaan tersebut.

Itu dia 3 tips tepat supaya Anda bisa memilih perusahaan penyedia asuransi yang kredibel. Semoga tips-tips dalam artikel ini bisa membantu Anda, ya.