Ini yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Mengasuransikan Mobil Bekas

 


Berhasil mendapatkan kendaraan impian dari situs jual mobil bekas yang bagus? Walau statusnya bekas, kendaraan tersebut berhak mendapatkan perhatian, perawatan, dan tentunya perlindungan selayaknya mobil baru. Salah satunya adalah melindunginya dengan asuransi kendaraan terpercaya.

Ya, mobil bekas memang bisa dan sebaiknya Anda asuransikan juga. Bagaimanapun, risiko seperti kecelakaan, bencana alam, hingga pencurian  bisa menyerang mobil apa saja, tidak peduli baru maupun bekas. Itulah sebabnya, jika seandainya Anda mendapatkan tawaran asuransi dari pemilik mobil sebelumnya untuk melanjutkan perlindungan asuransi yang telah ada atau dari dealer tempat membeli, tak ada salahnya mempertimbangkan hal tersebut.

Untuk Anda yang berencana membeli mobil bekas dan melindunginya dengan asuransi, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut ini:


  • Pengalihan kepemilikan

Ketika Anda membeli mobil bekas dengan cara over kredit, ada kemungkinan  polis asuransinya masih aktif sehingga harus dilakukan pengalihan kepemilikan. Caranya sederhana, penjual mobil hanya perlu membuat laporan telah terjadi transaksi jual beli terhadap mobil tersebut dan membuat surat pernyataan pengalihan asuransi pada Anda, selaku pemilik baru. Namun, mengingat semua perusahaan asuransi mungkin memiliki prosedur yang berbeda terhadap aturan pengalihan kepemilikan ini. Jadi ada baiknya Anda mencari informasi lebih detail terlebih dahulu mengenai hal ini setelah menentukan mobil yang akan dibeli.


  • Hitung jumlah premi yang dibayarkan

Masing-masing perusahaan mempunyai jumlah premi berbeda yang biasanya ditentukan harga, tingkat risiko, dan manfaat yang akan Anda dapatkan. Untuk itu, penting bagi Anda memeriksa jumlah premi dengan menanyakannya kepada pihak perusahaan.  Jangan hanya fokus terhadap pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi, tetapi pertimbangkan juga kemampuan bayar Anda. Sebab, premi ini adalah nominal yang akan Anda bayarkan setiap bulannya. Jika jumlahnya melebihi kemampuan maka akan berdampak tidak baik bagi keuangan Anda.


  • Ketahui batas usia asuransi mobil bekas

Mobil bekas mempunyai batasan usia tertentu untuk bisa didaftarkan pada sebuah produk asuransi. Batasan usia ini merupakan selisih tahun Anda membeli dan mendaftarkan mobil tersebut dengan tahun produksinya. Artinya jika pada tahun 2020 Anda membeli mobil dengan tahun produksi 2011, usia mobil tersebut adalah 9 tahun.Mengenai aturan perusahaan asuransi terkait usia mobil ini yaitu asuransi TLO memiliki batas usia maksimal 15 tahun dan asuransi all risk 9 tahun.Namun, setiap perusahaan mungkin akan menerapkan kebijakan yang berbeda mengenai batas usia tersebut. Jadi, pastikan Anda mengetahui aturan ini dari perusahaan asuransi yang akan dipilih sebelum menentukan mobil yang akan dibeli.

 

 Demikian informasi seputar pentingnya asuransi kendaraan untuk mobil bekas. Dengan melindungi mobil menggunakan asuransi, maka Anda bisa berkendaran lebih nyaman dan tenang.