Kebiasaan yang Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

 


Perawatan mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Salah satu alasannya adalah untuk menjaga performa mobil. Selain itu, mobil seken yang terawat juga bisa menjadi salah satu nilai jual yang akan memudahkan Anda ketika melakukan penjualan mobil seken di kemudian hari.

Namun demikian, tak hanya masalah perawatan, ternyata menjaga kondisi mobil seken juga bisa dilakukan dengan memerhatikan cara berkendara. Pasalnya, ada beberapa kebiasaan saat berkendara yang membuat mesin mobil cepat rusak.

Kebiasaan yang Membuat Mesin Mobil Cepat Rusak

Pada dasarnya cara berkendara yang salah akan membuat kondisi mobil menjadi cepat rusak. Namun, kebiasaan yang membuat mesin mobil cepat rusak ini biasanya tidak pernah Anda sadari. Beberapa kebiasaan tersebut antara lain:

1. Menggunakan Gigi Netral saat Jalanan Menurun

Kebiasaan pertama yang membuat mesin mobil cepat rusak adalah menggunakan gigi netral pada kondisi jalanan yang menurun. Secara teknis, hal ini membuat mobil melaju dengan lebih cepat dan ringan. Namun, hal ini juga akan berpotensi membuat Anda melakukan pengereman secara mendadak.

Selain berpotensi merusak mesin, kebiasaan ini juga rawan menimbulkan kecelakaan. Sebab saat laju mobil terlalu kencang, maka Anda juga akan lebih sulit untuk mengontrolnya. Dengan laju seperti ini juga membuat Anda akan sulit untuk memasukan gigi sehingga berpotensi menjadi slip.

2. Menahan Kopling Saat Macet

Untuk Anda yang menggunakan mobil manual, mungkin Anda sering kerepotan ketika harus terus memindahkan gigi ke posisi netral saat macet. Dengan demikian, Anda lebih memilih untuk menahan kopling dalam waktu yang cukup lama. Hal ini mungkin terlihat lebih ringkas. Namun, ternyata ini merupakan cara yang salah dan membuat mesin mobil cepat rusak. Jika Anda melakukan cara ini, maka kampas kopling akan lebih cepat habis.

3. Jarang Servis Mobil

Hal lain yang juga merupakan kebiasaan yang membuat mesin mobil cepat rusak adalah jarang melakukan servis mobil. Padahal, servis rutin merupakan hal yang penting. Ada banyak alasan mengapa orang jarang servis. Dari mulai biaya yang mahal sampai merasa tidak ada masalah dengan mobilnya.

Padahal salah satu fungsi dari servis rutin adalah memastikan dan melihat apakah komponen pada mobil masih layak atau tidak. Dengan perawatan yang rutin juga membuat kondisi mobil akan jauh lebih awet dan performanya tetap terjaga.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat mesin mobil tetap prima. Selain merawat, memerhatikan cara mengendarai mobil juga perlu Anda lakukan. Dengan tidak melakukan kebiasaan yang membuat mesin mobil cepat rusak maka akan membuat performa mesin tetap terjaga.

Kondisi mesin yang optimal dan terjaga juga membuat harga mobil tetap tinggi ketika Anda akan menjualnya kembali. Untuk Anda yang sedang mencari tempat jual beli bekas, maka bisa langsung membuka situs  mocil.id.